Tanggung Jawab Sosial

"Merancang dan melaksanakan program tanggung jawab perusahaan dengan penekanan pada tumbuh dan berkembangnya kompetensi masyarakat, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan lingkungan sekitar dengan dukungan akses telekomunikasi dan konten program terbaik bagi berkembangnya masyarakat digital yang memiliki kompetensi menjadi pelaku bisnis yang kreatif dan tangguh."

Telkomsat meyakini, meningkatnya kesejahteraan masyarakat akan berimbas pada tumbuh dan berkembangnya skala usaha Telkomsat, demikian juga sebaliknya. Oleh karenanya sejalan dengan keyakinan bahwa “Telkomsat ada untuk Indonesia, tumbuh dan berkembang bersama-sama masyarakat Indonesia”, maka kami menerapkan prinsip profit-people-planet (“3P”).
 
Tujuan CSR-Telkomsat Mendukung keberlangsungan bisnis Perseroan dengan melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan yang melibatkan karyawan Telkomsat dan masyarakat, berlandaskan pada tiga pilar utama (triple bottom line), yaitu planet, people dan profit.
Sasaran kami adalah mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan dari produk kami dan penggunaan produk kami seraya tetap mengembangkan bisnis.
  • Telkomsat ikut menjaga kelestarian alam serta lingkungan dalam setiap kegiatan operasional.
  • Telkomsat turut berperan serta dalam kegiatan sosial di lingkungan sekitar sebagai wujud kepedulian, dengan ikut berpartisipasi dalam program penghijauan di lingkungan cibubur.
    • Partisipasi dalam program penghijauan Bogorku Bersih 2017.
    • Pembinaan kepada Karang Taruna Harjamukti
    • Pembersihan Lingkungan Kantor
Cek kesehatan adalah program Telkomsat untuk karyawan diadakan rutin minimal 2 kali dalam setahun di lingkungan kerja Telkomsat.
Telkomsat membantu meningkatkan kesehatan karyawan dan masyarakat sekitar dengan program kesehatan donor darah rutin setiap tiga bulan sekali dalam setahun;
  • 12 Januari 2018, Telkomsat Gandeng PMI Selenggarakan Donor Darah : Telkomsat menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan program rutin yang diadakan Telkomsat setiap tahunnya sejak tahun 2007. Kegiatan donor darah dilakukan di Musholla Al-Hidayah Telkomsat Jumat 12 Januari 2018, bekerjasama dengan PMI Jakarta Timur.
  • 02 Mei 2018, "Share Blood, Share Life" Telkomsat dan PMI Gelar Donor Darah : Telkomsatbekerjasama dengan PMI Depok kembali menggelar aksi donor darah. Kegiatan donor darah dilakukan di Musholla Al-Hidayah Telkomsat Rabu 2 Mei 2018,
Telkomsat membantu karyawan dan masyarakat sekitar yang terkena bencana alam.
  • 8 Februari 2018, Telkomsat turut serta memberikan sejumlah uang yang disalurkan langsung untuk korban Banjir Bandang di Garut, Jawa Barat.
  • 20 agustus 2018, Telkomsat kirimkan bantuan baik uang, tenda dan baju layak pakai kepada korban Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
  • 29 September 2018, Telkomsat mengirimkan teknisi ke Palu, Sigi, dan Donggala - Sulawesi Tengah untuk penanganan jalur komunikasi satelit melalui jaringan VSAT.
  • 29 September 2018, Telkomsat juga memberikan bantuan telepon satelit, uang, tenda dan baju layak pakai kepada korban bencana di Sulawesi Tengah.
Spiritual; Telkomsat melakukan pembinan kecerdasan spiritual karyawan dan lingkungan sekitar melalui kegiatan-kegiatan keagamaan secara rutin.
  • Kajian rutin setiap ba'da Dzuhur dan Ashar bagi umat Islam.
  • Kegiatan Ramadhan bagi umat Islam
  • Perayaan Natal bagi umat Nasrani
Sosial; Telkomsat punya program rutin mengunjungi anak yatim piatu dan kaum dhuafa sebagai bagian dari pengembangan penghidupan masyarakat.
  • 31 Mei 2018, Direktur Telkomsat Serahkan Santunan Ramadhan Kepada Anak Yatim.
  • 31 Mei 2018, Spirit of Ramadhan, Telkomsat Gelar Bazaar Murah : Bulan Suci Ramadan 1439 H menjadi momentum bagi Telkomsat untuk berbagi ke sesama, sudah menjadi agenda rutin Telkomsat untuk selalu melaksanakan beberapa program CSR untuk lingkungan sekitar Telkomsat. Kegiatan kali ini berupa bazaar yang menyajikan sembako murah, diselenggarakan di Telkomsat Cibubur, tanggal 31 Mei 2018.
  • 23 Juli 2018, Bermain Sambil Belajar, Telkomsat Ajak Anak-anak Yatim dan Dhuafa ke Kidzania : Telkomsat membuat satu kegiatan yang melibatkan anak-anak yatim dan dhuafa di KidZania, Pacific Place, Jakarta. Event bertajuk “We Share, We Love, We Care” diadakan untuk merangkul adik-adik yang kurang beruntung, adik-adik yatim dan dhuafa agar bisa merasakan pengalaman belajar sambil bermain juga.
Pendidikan; Telkomsat melakukan pembinaan kecerdasan untuk karyawan dan masyarakat sekitar.
  • Telkomsat selalu memberikan pelatihan kepada Karyawan sesuai dengan job desk masing-masing.
  • Telkomsat selalu menerima mahasiswa/i yang ingin internship atau PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Telkomsat.
  • 5 Juli 2018, Kids Go To Office Telkomsat : Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari kegiatan aktivasi budaya Telkom Group. Kids Go To Office Telkomsat tahun ini diikuti oleh 20 anak karyawan dari usia 3 tahun hingga 10 tahun. Kegiatan ini diisi dengan Pengenalan perusahaan, pengenalan produk, games, office tour, & bermain bersama badut. Tujuan dari kegiatan Kids Go To Office ini yakni mengenalkan lingkungan perusahaan tempat dimana orang tua bekerja serta memberikan inspirasi kepada anak-anak terkait dengan pekerjaan orang tua mereka.
  • Sebagai wujud kepedulian Telkomsat dalam pengembangan kegiatan riset teknologi satelit, Telkomsat mendukung Tim Ararkula Laboratorium Satelit Nano Telkom University mengikuti kompetisi International CubeSat and Mission Contest yang dilaksanakan oleh Belt and Road Aerospace Innovation Alliance (BRAIA) di Nortwestern Polytechnical University, Xi’an, China yang diikuti oleh berbagai universitas di dunia.
  • 21 September 2018, Telkomsat Mengajar di Sekolah Sinar Indonesia : Telkomsat memberikan edukasi mengenai pengenalan satelit di Sekolah Sinar Indonesia yang bertajuk Telkomsat Goes to School. Kegiatan ini diikuti oleh 30 anak dari kelas A dan kelas B. Kegiatan ini diisi mengenai pengenalan satelit, Topologi Satelit, Perangkat VSAT dan macam-macam satelit di Indonesia. Tujuan kegiatan ini yakni mengenalkan teknologi satelit sejak dini sehingga dapat mendorong minat belajar dan rasa ingin tahu mengenai dunia IT.