Broadband Salah Satu Kunci Sukses Poros Maritim

  • November 15, 2014
Alt

Jakarta (Indotelko) – Keterhubungan broadband pada pelabuhan yang ada di Indonesia akan menjadi enable dari Poros Maritim dilihat dari sisi Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK).

“Infrastruktur dan ekosistem broadband akan mempercepat proses bisnis di Poros Maritim. Ini salah satu alasan Telkom menginisiasi Broadband Port,”  ungkap Direktur Enterprise and Business Services Telkom Muhammad Awaluddin kepada IndoTelko, kemarin.

Dijelaskannya, Telkom akan menyulap enam pelabuhan menjadi broadband port tak lama lagi. Keenam pelabuhan itu adalah Belawan, (Batam), Tanjung Priok, Tanjung Perak,  Makassar, dan Sorong. Dalam membangun broadband port yang disiapkan adalah infrastruktur dasar  seperti  broadband connectivity berbasis serat optic, seluler, access point wifi.

“Kita total investasi Rp 100 miliar untuk hardware, software, dan sarana pendukung lainnya,” katanya.

Sekadar diketahui, Telkom sendiri sejak tahun lalu memang tengah menggenjot pasar maritim broadband dengan menguasai 100% saham PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom). Pasar martim broadband sendiri diperkirakan menembus Rp 10 triliun.

Sementara Kementrian Komunikasi dan Informatika (kemenkominfo) dalam kajiannya untuk Indonesia  Broadband Plan (IBP) menyatakan dalam penguatan Poros Maritim, masih diperlukan pencapaian Infrastruktur Broadband pada 47 Pelabuhan lagi di Indonesia.

Saat ini  sudah ada 11 pelabuhan di Indonesia yang didukung broadband atau 19% dari 92 pelabuhan, sementara 47% atau 81 pelabuhan belum tersentuh.

Broadband dalam dokumen IBP didefinisikan sebagai akses internet dengan jaminan konektivitas selalu tersambung (always-on) dan memiliki kemampuan tripple-play dan mampu memenuhi standar kualitas layanan dan kualitas pengalaman pengguna.


Archive