Telkom akan Kuasai 100% Patrakom

  • November 25, 2013
Alt
Jakarta (Indotelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berambisi menjadi penguasa tunggal di PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakom).

“Kami telah melakukan Conditional Sales Purchase Agreement (CSPA) dengan pemegang saham 20% di Patrakom, PT Tanjung Mustika. Kita targetkan akhir November ini transaksi selesai. Nilainya transaksi sekitar Rp 27 miliar,” ungkap Direktur Inovasi dan Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo usai menjadi pembicara di diskusi New Wave of Less Cash Society: Indonesian Chapter' yang digelar dalam rangka HUT Ke-2 IndoTelko Forum, kemarin.

Dijelaskannya, aksi koporasi tersebut dilakukan karena Patrakom selama ini  kuat di segmen mining, oil & gas juga maritime. “Mengingat Indonesia negara maritim, Patrakom  akan masuk ke maritime broadband,” jelasnya.

Sebelumnya, Telkom resmi menguasai 80% saham  Patrakom usai menandatangani Sales Purchase Agreement (SPA) alias Akta Jual Beli 40% saham milik PT Elnusa Tbk  (Elnusa) di Patrakom. Nilai transaksi untuk 40% saham Patrakom itu senilai Rp 45,6 miliar.

Saat ini lisensi yang dimiliki Patrakom adalah Penyelenggaraan Jaringan Tetap Tertutup, Penyelenggaraan Jasa Akses Internet, Network Access Poin (NAP),  Penyelenggaraan Jasa Interkoneksi, dan Siskomdat atau Penyelenggaraan Jasa Sistem Komunikasi Data.

Sementara itu, anak usaha Telkom lainnya di bisnis Very Small Aperture Terminal (VSAT), PT Citra Sari Makmur (CSM), sehingga dimohonkan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) oleh  PT Bank CIMB Niaga Tbk pada awal November lalu.

CSM sahamnya dimiliki PT Tigatra Media (38,29 %), Media Trio( 36,71 %), dan Telkom (25%).
Archive