Telkomsat Jalin Sinergi dengan Mitratel untuk Mempercepat Transformasi Digital

  • December 01, 2022
Alt
Jakarta, 24 November 2022 - PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) melakukan penandatanganan kontrak Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Dayamitra Telekomunikasi, Tbk (Mitratel) atas Jasa Layanan Konektivitas Satelit (Satelit Backhaul). Sinergi kedua anak perusahaan PT Telkom Indonesia, Tbk (Telkom) tersebut direalisasikan dalam bentuk kerja sama pemanfaatan infrastruktur dan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak secara bersama-sama, dalam rangka untuk mendukung keberhasilan pemerataan jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia termasuk area rural dan 3T (Terluar, Terdepan & Tertinggal). 
 
Penandatanganan yang dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd. Rauf dengan Direktur Utama Mitratel Theodorus A Hartoko, berlangsung di Telkom Landmark Tower (TLT) Lantai 27 Jakarta pada Kamis, 24 November 2022. 
 
Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf menyambut baik kerja sama antara Telkomsat dan Mitratel. Menurutnya akses broadband yang merata dan setara, akan menjadikan masyarakat tidak hanya bisa terhubung dengan orang-orang terdekat, namun juga bisa meningkatkan produktivitas sekaligus memberikan kontribusi terhadap pemerataan pembangunan.
 
“Kami menyambut positif sinergi ini. Kami yakin kolaborasi kedua perusahaan akan mendukung program pemerintah dalam mempercepat proses transformasi digital di seluruh Tanah Air,” jelas Lukman. 
 
Lebih lanjut Lukman mengatakan, kerja sama kedua perusahaan juga akan memperkuat bisnis TelkomGroup yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh operator telekomunikasi dalam mengembangkan layanan dan akses internet untuk masyarakat Indonesia. Ini akan menjadi bundling infrastruktur menara telekomunikasi dengan sistem komunikasi satelit yang memiliki potensi sekitar 11.000 tower. 
 
Sementara itu, Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama yang ditandatangani diyakini dapat mempercepat program transformasi dan pemerataan digital di seluruh wilayah Indonesia. Konektivitas satelit ini melengkapi portfolio layanan konektivitas serat optik yang telah dimiliki Mitratel. Konektivitas satelit akan memberikan solusi bagi operator telekomunikasi untuk memperluas jangkauan layanan di wilayah yang belum terjangkau serat optik dan terkendala kondisi geografis. 
 
“Sejalan dengan Visi Mitratel menjadi #1 Digital Infraco, Kami mendukung transformasi digital di seluruh tanah air melalui pembangunan jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di seluruh wilayah Indonesia. Solusi layanan dengan menggunakan satelit yang ditempatkan pada tower Mitratel dapat dimanfaatkan oleh seluruh operator seluler di Indonesia tanpa adanya kendala geografis,” Teddy menjelaskan. 
 
Kemitraan kedua perusahaan mencakup penyediaan menara dan sistem komunikasi satelit sebagai jaringan penghubung antara BTS dengan pusat kontrol operator telekomunikasi. Selain itu juga disepakati skema pemasaran bersama, hingga pengoperasian dan pemeliharaan perangkat satelit. 
 
Dengan sinergi ini diharapkan dapat mendukung kemajuan bangsa, menghadirkan jaringan broadband yang berkualitas untuk mendukung produktivitas masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah 3T. 
 
#TelkomsatMelesat 
Archive