CTO Telkomsat Menjadi Pembicara dalam Seminar Elektronika dan Instrumentasi UGM

  • Juni 15, 2020
Alt
Pada hari Sabtu, 13 Juni 2020, Telkomsat menjalin kerjasama dengan Laboratorium Riset Elektronika dan Instrumentasi DIKE UGM menggelar acara Seminar Elektronika dan Instrumentasi (SEMILINS) yang mengusung tema “Peran Satelit di Era Industri 4.0”. Dilakukan secara online melalui Video Conference,  acara yang berlangsung selama dua jam tersebut mendapat respon positif dari para hadirin, terbukti dengan banyaknya pertanyaan membanjiri kolom komentar pada saat streaming berlangsung.
 
Seminar dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB, menghadirkan 2 narasumber yang ahli dalam memberikan informasi mengenai perkembangan industri satelit, yaitu Direktur Operasi Telkomsat – Dr. Anggoro Kurnianto Widiawan, Ph.D. dan Dr. Agfianto Eko Putro, M.Si sebagai Dosen dan Peneliti Departemen IKE FMIPA UGM.
 
Pemaparan materi sesi pertama disampaikan oleh Dr. Anggoro, menjelaskan mengenai peran Satelit dalam dunia Industri 4.0 sebagai the first frontier. Selain itu, Beliau juga membahas mengenai karakteristik satelit dan kelebihannya di Era Industri 4.0.
 
Sesi kedua dibawakan oleh Dr. Agfianto Eko Putro, M.Si., dalam presentasinya beliau memaparkan terkait INSPIRE 2010 (Indonesian Nano Satelite Platform Initiative for Research and Education). Beliau juga bercerita pengalaman dan perkembangan Purwarupa Satelit Nano dari tahun 2010 hingga saat ini.
 
Dengan diadakannya seminar ini, Telkomsat berharap dapat berbagi ilmu dan pengetahuan terkait peran satelit terhadap perkembangan industri 4.0 kepada para mahasiswa dan masyarakat luas yang diharapkan akan membawa Indonesia menjadi bangsa yang unggul, berprestasi dan memiliki berbagai inovasi, serta sejalan pula dengan Visi Telkomsat “Menjadi Penyelenggara Layanan Satelit Terkemuka di Regional” yang peduli terhadap lingkungan, bangsa dan negara Indonesia.

Arsip