Telkomsat dan UB Kolaborasi dalam Kuliah Tamu Tentang Teknologi Satelit dan Keamanan Siber

  • Oktober 31, 2023
Alt
MALANG - Sebagai perusahaan telekomunikasi satelit terkemuka di Indonesia, Telkomsat mengadakan kuliah tamu spesial di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (UB) pada tanggal 13 Oktober 2023. Kuliah tamu yang bertemakan "Peran Keilmuan Komputer dalam IT & Cyber Security di Perusahaan Telekomunikasi Satelit" ini dilaksanakan secara hybrid, memadukan metode tatap muka dan daring.
 
GM IT & Cyber Security Telkomsat, Nugroho Wibisono, menjadi narasumber utama dalam kegiatan tersebut. Mengawali materi, beliau memberikan penjelasan komprehensif mengenai satelit, mulai dari definisinya, jenis-jenis satelit yang pernah diluncurkan di Indonesia, hingga bagaimana cara kerja dari satelit-satelit tersebut. Tidak hanya itu, Nugroho juga menjelaskan lebih dalam mengenai kategori satelit berdasarkan orbit satelitnya, seperti Low Earth Orbit (LEO), Medium Earth Orbit (MEO), dan Geostationery Earth Orbit (GEO).
 
Menginjak pada bagian selanjutnya, GM IT & Cyber Security Telkomsat itu memaparkan mengenai Implementasi Teknologi Satelit di Dunia Industri. Ia menguraikan bagaimana teknologi satelit telah mempengaruhi berbagai aspek industri, terutama telekomunikasi. Nugroho Wibisono juga memberikan gambaran mengenai berbagai produk unggulan Telkomsat yang telah banyak memberikan kontribusi dalam perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia.
 
Di akhir sesi, beliau memperkenalkan berbagai karya dari keilmuan komputer yang telah diimplementasikan di perusahaan satelit. Nugroho menekankan pentingnya aplikasi IT yang mendukung aspek Cyber Security dan operasional di perusahaan telekomunikasi satelit. Hal ini menunjukkan bahwa keilmuan komputer memegang peran krusial dalam menjaga integritas, keamanan, serta kelancaran operasional dalam industri telekomunikasi satelit.
 
Acara ini mendapat sambutan hangat dari para mahasiswa dan para dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya. Kuliah tamu ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para peserta terkait perkembangan teknologi satelit dan pentingnya keilmuan komputer dalam industri telekomunikasi.
 
#DiscoverNewHorizon
Arsip