Telkomsat Gelar Workshop Maritim untuk Optimalkan Peluang Bisnis di Ekosistem Maritim

  • Juni 06, 2023
Alt
Jakarta, 5 Juni 2023 - Bertempat di salah satu venue di Jakarta Utara, Telkomsat menggelar Workshop Maritim yang bertemakan “Serve the Nation by Providing Digital Connectivity & Solution for The Maritime Ecosystem”. Workshop dihadiri oleh seluruh karyawan Telkomsat Direktorat Komersial, jajaran Direksi, dan Senior LeadersTelkomsat, serta beberapa pembicara terkemuka di bidang maritim.
 
Latar belakang diadakannya workshop ini adalah sebagai langkah keseriusan Telkomsat dalam menghadapi perkembangan telekomunikasi industri maritim yang diproyeksikan oleh para ahli akan terus naik hingga 2,3 Gbps pada tahun 2027 (CAGR 36%) dengan nilai peluang sebesar USD 165 juta dalam 5 tahun ke depan. Hal ini menunjukkan pentingnya peran konektivitas satelit dan peningkatan layanan dalam ekosistem maritim.
 
Selain itu, workshop juga bertujuan untuk mempercepat mewujudkan rencana Telkomsat dalam melakukan ekspansi pasar ke ekosistem maritim demi optimalisasi kapasitas saat ini (GEO & LEO Orbital) dan membuka peluang pasar satelit Telkomsat dimasa depan. Ini sejalan pula dengan upaya Telkomsat dalam rangka meluaskan cakupan market satellite connectivity, khususnya pada sektor maritim.
 
Acara ini dimulai dengan laporan ketua pelaksana kegiatan yakni oleh SEAM 1 Telkomsat - Tjatur Prasetyo dan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Utama Telkomsat - Lukman Hakim Abd. Rauf. Dalam sambutannya, Lukman, mengungkapkan  bahwa “Keberadaan Telkomsat diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan mendukung misi pembangunan nasional untuk “Mewujudkan Indonesia menjadi Negara Maritim yang Mandiri, Maju, Kuat dan Berbasis Kepentingan Nasional”, dengan menghadirkan konektivitas dan solusi digital bagi ekosistem maritim Indonesia.”
 
Selain itu menurut Beliau, Telkomsat juga berambisi memberikan manfaat bagi pengembangan Ekonomi Maritim melalui penerapan teknologi dan solusi digital. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, serta meningkatkan governance dan keamanan siber.
 
Diakhir paparannya, Beliau berharap Telkomsat dapat memberikan solusi teknologi digital kepada pelanggan di Ekosistem Maritim dengan implementasi IoT dan Automation. Teknologi ini sudah banyak diimplementasikan dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional.
 
Dalam acara ini, diisi juga oleh para pembicara yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka di berbagai bidang. Di antaranya adalah Yahya Kuncoro - Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI, Hendra Setiawan - VP ICT ASDP, DR. Koes Pranowo - Direktorat Trans Ocean & Pengurus Imsa dan Kasubdit Ditlala (Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan).
 
#IndonesiaPorosMaritimDunia
#Spaceforeveryone
#TelkomsatMelesat
Arsip