Telkomsat Luncurkan Produk Baru, Sebagai Dukungan Percepatan Digitalisasi Industri Maritim

  • Mei 13, 2021
Alt
Bogor - Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan digitalisasi industri maritim di Indonesia, Telkomsat meluncurkan inovasi bisnis digital yang bernama Telkomsat Indonesia AIS Data Provider, pada tanggal (28/04).
 
Peluncuran aplikasi ini dipusatkan di kantor Pusat Transmisi Satelit Bogor dan dihadiri langsung oleh VP Product Development & Project Management Tjatur Prasetyo, AVP Product Development Ricky Kusnandar, serta dihadiri melalui video conference oleh Direktur Development Andy Revara beserta jajaran senior leaders dan karyawan Telkomsat lainnya.
 
Kehadiran aplikasi ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan informasi posisi kapal hingga pergerakan lalu lintas kapal yang dapat dipantau melalui aplikasi web ais.telkomsat.co.id berbasis data AIS yang dipancarkan dari kapal-kapal yang beredar di perairan Indonesia . Melalui adanya inovasi ini, Telkomsat berharap dapat memberikan kontribusinya terhadap seluruh stakeholder maritim Indonesia.
 
Dengan mengusung konsep model bisnis Infrastructure as a Service (IaaS) menggunakan framework arsitektur Internet of Things (IoT), Telkomsat mengembangkan layanan digital yang dinamakan Ship Observer Collective Acquisition AIS atau disingkat SOCA AIS yang terdiri dari SOCA application platform, network configuration dan device berupa modul AIS Station Terrestrial Receiver yang berfungsi mengakusisi data ais dari kapal-kapal sekitarnya. Selain itu, SOCA juga dapat mengirimkan data secara berkala (setiap 5 menit) ke Server Data AIS.

Memberikan Kontribusi Nyata Bagi Industri Maritim Indonesia
 
Bisnis digital baru Telkomsat Indonesia AIS Data Provider beserta layanan jasa turutan berbasis data AIS yang akan dikembangkan ini bertujuan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemajuan maritim di Indonesia, diantaranya :
  • Menegakan kedaulatan Indonesia di atas otoritas wilayah Maritim Indonesia.
  • Mengawasi dan memonitor semua aktivitas serta kegiatan maritim di wilayah Maritim Indonesia.
  • Mengatur lalu lintas kapal dan navigasi.
  • Mematuhi ketentuan IMO tentang Safety of Life at Sea - SOLAS, merupakan konvensi paling penting dari seluruh konvensi internasional tentang kemaritiman.

Menurut VP Product Development & Project Management, Tjatur Prasetyo “Melalui inovasi ini, maka keselamatan pelaut menjadi lebih terjamin, dan langkah ini sejalan dengan amanat Presiden Jokowi bahwa Indonesia bertekad untuk menjadi poros maritim dunia.”
 
Memiliki Beragam Fitur
 
Melalui akses website khusus, aplikasi ini dirancang dan disajikan sebagai Digital Touch Point Customer untuk kebutuhan akses informasi data ais kapal-kapal yang berlayar khususnya di perairan Indonesia. Fitur layanan yang tersedia diantaranya REST API Service, Vessel Online Tracking dan Vessel Voyage History. Dimana khusus REST API Service, disediakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan professional.
 
Telkomsat Indonesia Data AIS yang dapat disajikan ke pelanggan terdiri atas data ais satelit dan terestrial yang mencakup data ais kelas A dan kelas B guna memenuhi kebutuhan seluruh stakeholder Maritim (khususnya Government).
 
Dengan tagline “Becoming a Leader and Reliable Indonesia AIS Data Provider”  dan “Telkomsat Indonesia Maritime Surveillance Center”, diharapkan Telkomsat dapat memberikan manfaat bagi Bangsa Indonesia  umumnya dalam mendukung manajemen lalu lintas kapal, minimalisasi potensi  kecelakaan kapal, pelanggaran dan penegakan kedaulatan kemaritiman Indonesia.
 
Arsip