Telkomsat Menyiapkan Satelit Penguat Sinyal Penangkap Ikan Terukur

  • September 21, 2023
Alt
Jakarta, 18 September 2023 - Telkomsat telah mengambil langkah besar dalam mendukung inisiatif Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan menyiapkan kapasitas satelit yang dapat memperkuat sinyal untuk aplikasi Penangkap Ikan Terukur (e-PIT). 
 
Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, mengungkapkan komitmen Telkomsat dalam menjawab tantangan teknologi informasi di sektor perikanan. “Dalam memenuhi komitmen tersebut, Telkomsat telah menyiapkan kapasitas satelit sendiri, baik High Troughput Satellite (HTS) maupun satelit konvensional dan juga melalui skema partnership capacity semisal dengan Starlink,” ungkap Lukman Hakim Abd. Rauf.
 
Lukman mengatakan bahwa Telkomsat sebagai bagian dari industri telekomunikasi nasional berupaya memberikan solusi terhadap permasalahan teknologi informasi yang ada, khususnya konektivitas yang menjadi kendala signifikan dalam kesuksesan impementasi e-PIT.
 
Beliau juga menekankan bahwa layanan berbasis teknologi satelit yang ditawarkan oleh Telkomsat akan menjadi solusi ideal untuk kapal yang bergerak di perairan luas, di mana sinyal seluler tidak selalu tersedia.
 
Selain itu, Telkomsat telah berkomitmen untuk memperluas layanan telekomunikasi dan digitalisasi di wilayah maritim, termasuk pelabuhan, kantor pelayanan KKP, kelompok usaha di pesisir, dan kapal berbagai jenis, termasuk nelayan.
 
Lukman Hakim Abd. Rauf juga menambahkan bahwa Telkomsat telah merancang berbagai model bisnis, termasuk penjualan langsung, sewa, dan kemitraan, serta paket harga yang terjangkau untuk nelayan, kelompok usaha nelayan, pemilik kapal, dan lembaga lainnya.
 
Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Tugas Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto, mengungkapkan hasil survei yang dilakukan oleh KKP di dua pelabuhan, yaitu Cilacap, Jawa Tengah dan Benoa, Bali. Survei tersebut melibatkan 100 responden, termasuk nahkoda kapal, nelayan, dan pengusaha penangkapan ikan.
 
Hasil survei yang dilakukan antara 26 Juni hingga 8 Juli 2023 menunjukkan bahwa sebanyak 75 persen dari 100 responden mengalami kendala penggunaan aplikasi e-PIT, dengan masalah sinyal menjadi kendala utama.
 
Doni Ismanto menjelaskan, “Kendala yang dominan yaitu masalah sinyal. Sinyal ini kan diluar dari kendali KKP, karena sinyal ini yang menyediakan provider, kita hanya aplikasi sehingga mencari solusi-solusi yang memungkinkan karena sekarang kan sudah perkembangan teknologi,”
 
Aplikasi e-PIT yang diinisiasi oleh KKP bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan PNBP Pasca produksi dan kebijakan penangkapan ikan terukur bagi kapal penangkap ikan dan kapal pengangkut ikan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Playstore.
 
Penggunaan aplikasi e-PIT bertujuan untuk menyediakan alat dukungan operasional penangkapan atau pengangkutan ikan, meningkatkan efisiensi layanan, memudahkan akses data, memantau aktivitas, serta meningkatkan validitas data.
 
Dengan kesiapan Telkomsat dalam memperkuat sinyal satelit, diharapkan aplikasi e-PIT dapat berjalan lebih lancar, membantu kemajuan sektor perikanan di Indonesia, dan mendukung upaya KKP dalam penangkapan ikan terukur yang berkelanjutan.
 
Referensi: Antara (https://www.antaranews.com/berita/3732036/telkomsat-siapkan-satelit-penguat-sinyal-penangkapan-ikan-terukur
Arsip