Telkomsat Resmi Mengakusisi 36% Saham TSGN

  • Januari 28, 2021
Alt
Jakarta - Bertempat di Telkom Landmark Tower, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) dan PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) menandatangani dokumen Sale and Purchase Agreement (SPA) yang menandai kesepakatan kedua belah pihak untuk menjual saham Telin atas TS Global Network Sdn. Bhd (TSGN) ke Telkomsat. Proses penandatanganan SPA ini dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsat, Endi Fitri Herlianto dan Direktur Utama Telin, Sukardi Silalahi, pada Selasa 26 Januari 2021.

Hadir pula menyaksikan penandatanganan ini Direktur Keuangan & Administrasi Telkomsat, Rizal Ahmad Fauzi dan Chief Finance and Business Partner Officer Telin, Doni Andriansyah, serta VP Strategic Investment Digital Telco PT Telkom Indonesia, Tbk (Telkom), Yusuf Wibisono yang hadir melalui video conference demi mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan ini sekaligus menandakan kepemilikan mayoritas Telkomsat atas TSGN sehingga dapat melakukan  kontrol penuh, serta bersama Telin akan memperkuat performansi bisnis TSGN. Melalui kesepakatan ini maka persentase kepemilikan saham atas TSGN menjadi sebagai berikut Telkomsat sebesar 36%, Telin sebesar 34%, dan pemegang saham lain dari Malaysia sebesar 30%.

Direktur Utama Telkomsat, Endi Fitri Herlianto, menyampaikan apresiasinya atas kepemilikan TSGN bersama dengan Telin, yang telah memiliki jaringan yang kuat dan pengalaman di bisnis internasional. “TSGN merupakan salah satu perusahaan satelit ternama di Malaysia, dan kami optimis untuk dapat tumbuh bersama di masa depan.” Ungkapnya.

Konsolidasi TSGN ke Telkomsat adalah hal yang tepat dilakukan dan sejalan dengan strategi dari Telkom Group dimana Telkomsat ditunjuk  sebagai entitas tunggal yang menjalankan bisnis satelit, dan diharapkan semakin mempercepat Telkomsat menjadi top 3 perusahaan satelit terbesar di Asia.

TSGN adalah perusahaan berbasis satelit terdepan di Malaysia yang semakin berkembang secara global, hingga saat ini TSGN telah memiliki pelanggan korporasi dari berbagai industri seperti perkebunan, pertambangan, pemerintahan dan perbankan, dengan capaian yang luas di negara-negara Asia Tenggara.

Kesepakatan ini menandai pencapaian besar lainnya bagi Telkomsat ditahun ini serta sejalan dengan Visi Telkomsat untuk menjadi penyelenggara layanan satelit terkemuka di Regional. Sinergi ini juga akan mendukung terwujudnya Beyond Connectivity yang digaungkan oleh TelkomGroup yang diyakini akan memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia dan menjaga prospek usaha Perseroan ke depannya.
 
Arsip