Tim UGM yang Didukung Oleh Telkomsat Meraih Juara Dua Dunia Dalam Kompetisi CanSat 2020

  • Juni 18, 2020
Alt
Tim Gadjah Mada Aerospace Team (GMAT) yang didukung oleh Telkomsat berhasil mengukir prestasi membanggakan di kancah Internasional dengan meraih peringkat ke-2 dunia dalam kompetisi CanSat yang dilaksanakan oleh American Astronautical Society (AAS). Tim GMAT mampu mengalahkan 40 finalis lainnya dan ratusan tim dari seluruh dunia.

Pengumuman pemenang kompetisi yang sedianya akan diselenggarakan di Virginia, Amerika Serikat karena adanya Pandemik Covid-19 yang melanda dunia akhirnya dilakukan secara virtual pada hari Selasa, 16 Juni 2020. Jalannya acara ini dipandu oleh Jim Way, Executive Director American Astronautical Society, diawali ucapan terima kasih kepada pihak juri dan pihak sponsor, acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat dari keynote speaker, yaitu Charles Bolden, mantan administrator NASA dan Mayor Jenderal Angkatan Laut Amerika Serikat, yang telah terbang dalam 4 misi luar angkasa.

Tim GMAT bimbingan Bapak Catur Atmaji, S.Si., M.Cs. yang terdiri dari Kenrick Tjandra, Indra Budi Setyawan, Muhammad Dyffa, Mario Jaya, Wildan Purnomo, Mahatma Wisesa, Nico Renaldo, Luqman Alhelmy, Muhammad Nur Ilmi, dan Nafisah Hasya menempuh rangkaian seleksi ketat yang dimulai dari tahap registrasi dan Preliminary Design Review dan diakhiri tahap Critical Design Review dengan penilaian oleh juri dari US Naval Research Laboratory.

CanSat merupakan jenis muatan roket yang digunakan pada miniatur satelit dan proses peluncurannya tidak melewati atmosfer dan mengorbit seperti yang dilakukan satelit.

Telkomsat sebagai penyedia layanan telekomunikasi berbasis satelit, mendukung penuh para generasi muda untuk berinovasi dan memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu teknologi dan sains yang diharapkan dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.
Arsip